Selasa, 03 Januari 2017

Lestarikan Batik


Sumber: Instagram @komuniaksi2016


Batik merupakan kerajinan yang memiliki seni tinggi dan telah menjadi bgian dari Budaya Indonesia. Yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dulu kala, bahkan Batik sudah di akui oleh UNESCO ( dunia ) ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia.
Batik merupakan Identitas bangsa serta budaya unik yang harus kita jaga. Batik mempunyai makna simbiolis dan estetika yang tinggi bagi masyarakatnya. Keunikan batik membentuk karakter bangsa yang membedakan dengan bangsa lain sehingga dapat menjadi jati diri bangsa.
            Banyak Selebritas asal manca negara yang berkunjung ke Indonesia dengan bangga menggunakan Batik dan bahkan jatuh cinta kepada Batik, sebagai contohnya adalah mantan Presiden Afrika Selatan yaitu Nelson Mandela ketika pertama kali mengunjungi Indonesia beliau sudah tertarik pada Batik selain Nelson Mandela ada juga beberapa pungawa Arsenal yang pada waktu itu sedang melakukan tur ke Indonesia pada tahun 2013 mereka mengenakan Batik dengan alasan  menunjukkan kepeduliannya terhadap budaya Indonesia jelang turnya ke Tanah Air dan masih banyak lagi.
            Untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan warisan Batik, terutama untuk para kalangan muda. Kebanyakan anak muda zaman sekarang lebih suka menirukan pakaian budaya barat. Padahal pakaian budaya kita sangatlah sopan dan tertutup dibandingkan dengan budaya barat yang lebih suka terbuka.
            Seiring perkembangan zaman, masyarakat Indonesia menjadi konsumtif. Kepercayaan diri dan rasa kepemilikan akan budaya lokal memudar. Budaya sudah seharusnya di jaga dan kita bangga berbudaya.
            Sudah saatnya kita bergerak ini wujud nyata kebuyaan kita para mahasiswa komunikasi dalam kehidupan sosial dan berbudaya. Kita jadikan Jumat yang berkah untuk senantiasa memakai Batik saat berkuliah.
            Saya hanya ingin kita melestarikan Budaya kita terutama Batik.Ya kalo bukan kita yang melestarikan Siapa lagi ???. Jangan sampai kalian baru sadar ketika Budaya Batik kita sudah diklaim oleh Negara lain. Untuk menghidari itu alangkah baiknya kita lestarikan dari sekarang. Ayo kita berani berbudaya !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar