Selasa, 03 Januari 2017

Makanan Khas Balikpapan



di era moderen zaman sekarang generasi muda kebanyakan menyukai makanan cepat saji (junk food) ataupun makanan yang berasal dari luar negeri seperti spagheti,pizza,sushi, dan lain-lain. Padahal makanan khas daerah Indonesia tidak kalah enak dengan makanan luar negeri. Di sini saya akan membahas makanan khas yang berasal dari kota asal saya yaitu Kota Balikpapan, Kaltim.
1.    Bingka Kentang

resep-bingka-kentang.jpg
Gambar 1.1

Makanan khas Balikpapan yang berjenis kue adalah Bingka. kue tradisional Balikpapan ini berbahan dasar kentang. Selain kentang, bahan lain untuk membuat bingka seperti gula, santan, susu, telor dan mentega.Rasanya manis tapi gurih dan lezat tentunya. Namun kue ini tidak bisa bertahan lama, dan harus segera disantap karena kue ini tanpa bahan bahan pengawet. Aneka rasa bingka yang disediakan seperti bingka rasa keju, gula merah, pisang dan labu merah. Bingka Kentang juga bisa sebagai salah satu oleh oleh khas Balikpapan untuk keluarga di rumah. untuk Bingka Kentang yang cukup terkenal dan terenak di Balikpapan ada di Bingka Kentang Stal kuda Balikpapan kurang lebih 150 meter dari rumah saya.

2.    Amplang


amplang-kuku-macan.png
Gambar 1.2

Amplang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh makanan khas Balikpapan untuk dibawa pulang. Amplang yang berasal dari kota Balikpapan dibuat dengan bahan utama daging ikan pipih. Selain itu, saat ini juga banyak amplang yang diproduksi dengan memakai bahan dasar utama berupa daging ikan tengiri, kepiting, cumi, dan juga rumput laut. Bentuknya yang seperti kerupuk, membuat amplang pun jadi pilihan jajanan yang enak untuk disantap bersama makanan berat lainnya. Bisa dimakan di tengah perjalanan atau bisa juga dibawa pulang sebagai cemilan.

3.    Bakpia Balikpapan

Bakpia-Balikpapan.jpg
Gambar 1.3

Bukan cuman di Jogja yang ada Bakpianya. Bakpia dari kota Balikpapan tidak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan bakpia patok yang ada di Yogyakarta. Bentuk bakpia yang ada di kota Balikpapan sedikit berbeda dengan bakpia dari Yogyakarta. Bakpia di kota ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dan rasa yang cukup berbeda dengan bakpia pathok. Tak hanya itu, bakpia khas Balikpapan juga mempunyai varian mulai dari bakpia isi kacang hijau, cokelat ataupun keju.





4.    Abon kepiting

headline.jpg
Gambar 1.4

Jika abon biasanya terbuat dari sapi atau ayam, khusus yang satu ini terbuat dari daging kepiting. Rasanya gurih dan nikmat dimakan cukup bersama nasi putih hangat. Abon ini terbuat dari kepiting bakau dan kaya akan protein

5.    Mantau
       Mantau Sapi Lada Hitam Oleholeh khas Balikpapan 1.JPG
Gambar 1.5
Mantau menjadi makanan khas Balikpapan selanjutnya. Meskipun bukan makanan asli dari Balikpapan, aslinya adalah dari negeri China. Namun mantau telah bertahun-tahun menjadi kuliner khas Balikpapan yang cukup terkenal. Mantau cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Balikpapan, selain karena rasanya nikmat, pengemasannya juga sangat mudah dan praktis. Kekurangannya kalau jadi oleh oleh mungkin karena mantau tidak bisa tahan hingga berminggu-minggu karena tanpa bahan pengawet sehingga hanya bisa bertahan 2 hari saja. Apabila ingin lebih awet lagi, bisa disimpan di freezer sehingga bisa awet sampai satu bulanan. Mantau favorit saya adalah mantau isi sapi lada hitam. Mantau langganan saya adalah pondok mantau di Jl. Jend. A Yani No.28 RT.49 Balikpapan.



6.    Kepiting Saos

dandito.jpg
Gambar 1.6

Dan yang terakhir dan yang paling lezat menurut saya adalah kepiting. Yaps, Balikpapan terkenal dengan olahan kepiting yang cukup enak. Biasanya kepiting diolah dan dimasak dengan saus. Kepiting yang disajikan pun banyak yang terdapat telur. salah satu yang terkenal dari makanan khas Balikpapan adalah Kepiting Dandito dan Kepiting Kenari. Kedunya merupakan sebuat tempat makan di Balikpapan yang cukup terkenal dan kami rekomendasikan untuk kalian yang sedang hunting tempat makan enak di Balikpapan. Rekomendasi jika berlibur ke Balikpapan.

-Dimas Adhi Satriya-

Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar