Kamis, 08 Desember 2016

PROFIL INDONESIA (Bagian 1)

Sumber: http://www.korsetpelangsing.biz/peta-jakarta-peta-jalan-satellite-jakarta-indonesia/




         Republik Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya adalah negara terbesar di Asia Tenggara dan negara keempat terpadat penduduknya di dunia. Republik Indonesia terletak diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Negara ini membentang lebih jauh dari jarak antara pantai timur dan pantai barat Amerika Serikat. Negara kepulauan yang subur ini memiliki kebudayaan yang tinggi di masa lalu.
WILAYAH
            Indonesia merupakan kepulauan yang terdiri atas lebih dari 13.500 pulau besar dan kecil serta lebih dari 6.000 pulau berpenduduk. Pulau – pulau ini membentang bagai jembatan batu pijakan antara daratan Asia dan Benua Australia. Gunung- gunungnya yang menjulang tinggi dan sering mecapai ketinggian yang luar biasa di beberapa pulau.
            Kepulauan Sunda Besar. Lima pulau utama di Indonesia adalah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi (yang dahulu disebut Celebes) dan Irian Jaya. Keempat pulau pertama tersebut membentuk kepulauan Sunda Besar dengan luas daerah kira – kira 1.277.000 KM.
         JAWA merupakan pulau terpenting diantara pulau – pulau lainnya dalam catatan sejarah Indonesia. Bahkan saat ini dua pertiga penduduk Indonesia tinggal di pulau yang hanya seluas negara bagian New York ini. Untungnya, Pulau Jawa memiliki lahan yang sangat subur. Sebagaian kesuburan tanah ini disebabkan oleh timbunan anu dari letusan beberapa gunung berapi.

Sumber: http://www.mentari.biz/daftar-gunung-berapi-yang-aktif-di-indonesia.html
         SUMATRA adalah pulau terpenting kedua di Indonesia. Sebuah jajaran peguungan yang panjang, yaitu Bukin Barisan terbentang sepanjang pantai barat-daya Sumatra. Bagian terdalam pulau ini terselimuti hutan, sedangkan dataran pantai bagian timur tertutup oleh rawa – rawa. Sumatra memiliki berbagai perkebunan besar serta lahan produksi utama minyak bumi dan gas alam di Indonesia.
         KALIMANTAN adalah pulau terbesar ketiga di dunia, dan sebagian besar dari pulau itu termasuk dalam wilayah Indonesia. Bagian lain dari pulau itu terdiri atas Serawak dan Sabah (bagian dari Malaysia) dan negara kaya minyk Brunei. Sebagian besar dari Kalimantan adalah dataran pegnungan dan hutan rimba yang lebat.
            SULAWESI merupakan pulau terakhir dalam gugus kepualauan Sunda Besar yang terdiri atas empat jazirah pegunungan. Permukannya yang tidak rata memisahkan penduduk pulau di bagian satu dengan pulau di bagian lainnya. Makassar adalah kota terpenting di pulau in. Kota ini pernah menjadi pusat rempah – rempah terpenting pada masa penjajahan. Meskipun rempah – rempah tidak lagi menjadi komoditi ekspor terpenting dari pulau ini, kota ini tetap menjadi pusat perdagangan utama bagi wilayah Indonesia bagian timur.

Sumber: http://www.crownbaliholiday.com/3-tradisi-budaya-bali-yang-unik/

         Kepulauan Sunda Kecil. Sepanjang Laut Banda dan Laut Flores dari Sulawesi adalah kepulauan Sunda Kecil dengan total luas sekitar 73.000 Km. Dari kelomok ini, yang menarik adalah Pulau Bali, sebuah pulau yang sangat indah. Bali dikenal karena budaya Hindu kuno dan tradisi serta kesenian yang dimilikinya. 
           MALUKU merupakan provinsi yang terdiri atas beratus – ratus pulau yang terkenal dalam sejarah sebagai pulau rempah – rempah, yang dahulu pernah menjadi daya tarik bagi pedagang Eropa. Sehingga pada akhirnya menjurus pada penjajahan Indonesia oleh kekuatan bahari Eropa.
            IRIAN JAYA adalah wilayah Indonesia yang terletak paling timur. Yaitu bagian barat Pulau Irian, sedangkan bagian timurnya merupakan bagian utama negara Papua Nugini. Irian Jaya yang tertutup hutan lebat ini dihuni oleh lebih dari dua juta suku Irian, yang umumnya hidup dengan teknologi sederhana. Di pedalaman pulau ini terdapat Gunung Jaya Wijaya, yaitu gunung tertiggi di Indonesia. 
 
Sumber: https://id.hotels.com/ho313783/mara-river-safari-lodge-at-bali-safari-marine-park-gianyar-indonesia

          Satwa dan Tanaman. Hewan dan tanaman di Indonesia pada dasarnya dibagi menjadi dua kelompok dengan batas imaginer yang disebut Garis Wallace. Garis ini membujur dari arah utara ke selatan antara Kalimantan dan Sulawesi. Di sebelah barat batas imaginer tersebut tumbuhan dan hewan banyak menyerupai tumbuhan dan hewan di Asia Tenggara. Sedangkan sebelah timur garis Wallace, dunia hewannya mempunyai banyak kesamaan dengan hewan Australia.
*****
-Trisnawati Sovitia Putri-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar