Kamis, 08 Desember 2016

PROFIL INDONESIA (Bagian 2)

Sumber: https://www.pinterest.se/pin/523754631637578728/


PENDUDUK
            Terdapat 300 etnis kelompok etnis (suku) yang berbeda di  Indonesia. Dari pulau ke pulau, atau bahkan di dalam pulau itu sendiri. Berbagai bahasa yang berbeda dituturkan dan adat istiadat yang berbeda ditampilkan. Kebanyakan orang Indonesia termasuk keturunan etnis Melayu. Biasanya mereka bertubuh kecil, berkulit sawo matang (coklat) dan berambut hitam lurus. Teteapi, di pulau – pulau paling timur Indonesia penduduknya bertubuh agak lebih besar, berkulit lebih gelap, dan berambut keriting. Mereka adalah orang Irian, penduduk yag dominan di Irian Jaya. Bahasa dan budaya orang Irian jauh berbeda dengan bahasa dan budaya sebagian besar penduduk Indonesia yang lain.
            Kelompok etnik terbesar di Indonesia tinggal di Pulau Jawa, yaitu suku Jawa da suku Sunda. Jumlah kedua suku tersebut 60% dari populasi penduduk Indonesia. Adat istiadat mereka menunjukkan adanya pertautan dengan kebudayaan kuno kerajaan besar Indonesia beberapa abad silam, yang dipengaruhi oleh filsafah budaya dan agama Hindu Budha (datang dari India). Namun kini kebanyakan suku Jawa dan Sunda beragama Islam.
            Suku Batak dan Minangkabau di Sumatra adalah kelompok etnis kecil yang terpenting di Indonesia. Keduanya dianggap sebagai suku yang penuh inisiatif diantara bangsa Indonesia. Kemuadian ada suku Dayak yang merupakan suku utama di pedalaman Kalimantan. Di Sulawesi, ada suku Bugis dan Makasar yang dikenal sebagai pedagang dan pelaut yang memiliki tradisi khusus. Suku Ambon adalah suku utama di Maluku.
            Bahasa. Sekitar 250 bahasa yang dimiliki Indonesia. Bahasa resmi adalah Bahasa Indoesia yang dipahami seluruh pulau. Diantara bahasa daerah, bahasa Jawalah yang paling banyak digunakan.
Sumber: http://remaja.gmim.or.id/2015/10/agama-agama-di-indonesia/
            Agama. Islam adalah agama terbesar di Indonesia sejak mulainya penyiaran agama islam di beberapa daerah sekitar 500 tahun yang lalu. Indonesia memiliki populasi muslim terbesar di seluruh dunia. Masyarakat Bali berjumlah 2% dari masyarakat Indonesia dan mereka beragama Hindu. Di bagian pedalaman pulau – pulau lainnya terutama di daerah pegunungan dan hutan terpencil, banyak masyarakat yang percaya terhadap pemujaan roh para leluhur serta bentuk agama tua lainnya. Sekitar 9% dari penduduk Indonesia beragama kristen. Dua pertiganya protestan, dan sepertiganya beragama katolik.
            Bentuk dan seni tradisional. Bangsa Indonesia terkenal karena kerajinan tangannya yang bermutu tinggi. Batik adalah salah satu jenis kerajinan tangan penting. Pemahat juga menghasilkan barang – barang yang indah. Beberapa rumah tradisional Indonesia memiliki bentuk ukiran kayu di pintu masuk serta desain ukiran yang rumit pada pilar, atap, langit – langit beranda, dan dindingnya. Ukiran batu yang rumit memperindah bagian muka candi – candi hindu dan buda bersejarah, yang ditemukan di pulau Bali, Jawa Tengah, dan tempat – tempat lainnya.
            Wayang merupakan bagian penting kebudayaan Indonesia sejak zaman kerajaan hindu. Pertunjukkan ini dimainkan dengan menggunakan wayang kulit, yang membentuk bayangan pada layar yag disinari. Pertunjukkan ini dilakukan oleh seorang dalang dengan diiringi sekelompok penabuh gamelan alat musik tradisional Indonesia.

*****

-Trisnawati Sovitia Putri-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar